Menarik, karena anak tungga, anak tengah, dan anak bungu memiliki kepribadiannya masing – masing yang bersifat umum. Sebagai orang tua perlu mengetahui ini, agar lebih paham bagaimana menghadapi anak dengan tepat.

Menurut psikologi karakter setiap anak dapat diketahui berdasarkan urutan lahirnya. Karena sudah lama berkembangnya teori yang membahas tentang sifat seseorang menurut urutuan ke berapa anak itu lahir dalam keluarganya. Teroi ini di kembangkan oleh Alfred Adler seorang dokter dan psikoanalis yang berasal dari Austria. Dokter Alfred Adler berpendapat bahwa manusia adalah mahluk sosial yang terbentuk dari lingkungan dan interaksi sosial yang menarik. Urutan kelahiran memiliki pengaruh terhadap kedua hal tersebut, apalagi pada masa anak – anak.

Walaupun mempunyai hubungan darah, dan memiliki orang tua yang sama tetapi kakak beradik memiliki perbedaan dalam lingkungan sosialnya. Hal ini menjadi faktor perbedaan karakter sesuai dengan urutan kelahiran anak dalam keluarga.

4 Jenis Kepribadian Anak Sesuai urutan Kelahiran

Teori yang di kembangkan oleh dokter Alfre Adler ini, bahwa terdapat empat jenis kepribadian anak sesuai dengan urutan kelahiran anak tersebut yaitu anak pertama, anak tengah, anak bungsu dan anak tunggu. Berikut penjelasannya :

1. Kepribadian yang di miliki anak sulung

Anak pertama adalah anak yang di tunggu – tunggu oleh orang tua pada umumnya. Karena pada saat ini pasang suami istri baru menjalankan peran nya sebagai orang tua. Anak pertama kadang di sebut sebagai ‘anak percobaan’ maksudnya orang tua masih mencoba – coba dan mencari cara untuk menemukan pola asuh yang tepat dalam mendidik anaknya. Pada umum nya orang tua bersikap idealis dalam berbagai sisi. Sehingga membuat anak pertama menjadi pribadi yang perfeksionis dan dominan. Jadi, anak pertama memiliki kepribadian tipe A yaitu ambisius, rapi, kaku, teliti, disiplin, sensitive, tidak sabar, hati – hati, cemas, proaktif, sangat peduli dengan manajemen waktu, dan dapat di andalkan. Bisa di sebutkan bahwa anak pertama mempunya pribadi seorang pemimpin.

2. Kepribadian yang di miliki anak tengah

Anak tengah akan lebih merasakan sifat yang unggul dari anak pertama atau sosok kakak. Ini dapat menimbulkan kepribadian yang sedikit memberontak, karena dia tidak ingin menjadi sosok tiruan dari kakak nya. Sehingga pada akhirnya menjadi pribadi yang bertolak belakang dengan kakak nya. Tetapi, bila di lihat dari sisi lain anak tengah melihat kakak sebagai panutan, untuk memacu dirinya agar berusaha menjadi lebih baik dan mengungguli kakanya. Anak tengah pada umunya pribadi yang lebih mudah untuk berkompromi, bersosialisasi, mau mendengar, dan easy going. Mempunyai sifat yang menyenangkan membuat dia menjadi penengah saat terjadinya pertikaian.

3. Kepribadian yang di miliki anak bungsu

Karena orang tua sudah terbiasa dalam mengurus anak, sehingga saat hamil orang tua lebih santai. Tipe kepribadian yang di miliki anak bungsu pada umum nya lebih mudah bergaul, ramah, ceria, dan cerdik untuk bisa menarik perhatian. Tak jarang anak bungsu biasanya bersikap manja, sehingga bisa membuat anak bungsu menjadi sedikit egois. Anak bungsu rata – rata lebih memiliki kreatifitas di bandingkan dengan kakak – kakaknya. Meskipun begitu, anak bungsu lebih banyak mendapatkan perhatian dari orang tua sehingga dia bisa jadi kurang mandiri.

4. Kepribadian yang di miliki anak tunggal

Kepribadiaan yang di miliki anak tungga; biasanya lebih dewasa, lebih percaya dirim perfeksionism dan cenderung ingin menjadi pemimpin. Karena perhatian dan tumpuan harapan orang tuanya ada pada anak tunggal.

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *