TIPS – TIPS MENCARI BUKU CERITA YANG TEPAT UNTUK ANAK

Buku merupakan jendela dunia. Di zaman digital seperti ini, kebiasaan dalam membaca buku semakin menurun, karena biasa nya apa yang dibutuhkan sudah ada di dalam handphone, padahal itu adalah kebiasaan yang salah. Tanamkan kepada anak – anak dan jangan lupa untuk mengenalkan buku pada anak – anak dengan memberikan cerita dan visual yang menarik.

Memilih buku sebagai bahan bacaan untuk anak – anak harus dilakukan dengan hati – hati dan teliti. Karena marak nya konten pornografi dan kekerasan yang kali di jumpai di dalam buku anak – anak. Manfaat yang dapat di ambil dari membaca buku adalah mendorong kebiasaan membaca pada anak. Budaya literasi itu sangat penting untuk. Oleh karena itu, memberikan kebiasaan anak membaca sebaik nya di mulai dari rumah, cara nya dengan memberikan anak buku bacaan yang berkualitas dan tentu nya sesuai dengan usia nya.

Tips memilih buku cerita untuk sang anak :

1.Menyesuaikan Dengan Kemampuan Anak Dalam Membaca

Menyesuaikan buku cerita dengan usia juga kemampuan membaca yang dimiliki oleh anak. Seperti contoh anak berusia 0 – 2 tahun, lebih baik memilih buku yan g memiliki banyak ilustrasi gambar dan warna – warna yang menarik. Kata – kata dalam buku cerita pun sebaik nya yang singkat dan sedikit saja. Bila usia anak sudah sedikit lebih besar, anda boleh membeli buku cerita yang memilik banyak unsur cerita dan kalimat di dalam buku agar sekaligus melatih kemampuan membaca sang anak agar lebih baik.

2.Jangan Memilih Buku Cerita yang Terlalu Tebal

Sebisa mungkin buku menjadi benda yang menyenangkan, ini bertujuan agar anak memiliki semangat dalam membaca. Berilah buku yang tidak terlalu tebal kepada anda, seperti 15 sampai dengan 20 halaman saja, ini bertujuan agar anak tidak cepat bosan dan malas saat mau memulai atau sedang membaca. Jangan lupa juga untuk membelikan anak buku yang banyak dengan ilustrasi gambar untuk menstimulasi daya imajinasi sang anak. Para orangtua harus pandai dalam mencarikan buku si anak, cari lah buku yang memiliki jalan cerita yang menarik dan tentu nya mudah untuk di pahami anak.

3.Memilih Buku Cerita yang Mudah Dipahami Anak

Buku cerita yang tepat untuk anak – anak adalah buku yang memiliki jalan cerita simple dan mudah untuk di pahami oleh anak. Disini orang tua juga harus mempunyai peran yang aktif di dalam mengajak anak dalam membaca buku saat sedang beraktivitas atau saat anak sedang menjelang untuk tidur. Kemudian, hindari membacakan cerita kepada anak yang rumit, kompleks, dan terlalu panjang yang membuat si anak sulit untuk mencerna apa dari masuk buku ceritaitu. Jenis cerita yang di pilih untuk anak pun berbeda – beda, ini tergantung dari usia anak, bila anak masih balita lebih baik untuk memilih bacaan cerita yang sedikit atau singkat. Untuk anak yang memiliki usia 7 sampai 8 tahu ke atas, bacakan lah cerita yang sedikit rumit dengan plot yang berliku

4.Gambar yang Dimiliki Cerita Harus Menarik

Memilih jenis buku juga sangat berpengaruh dalam kemauan anak untuk membaca, karena jenis buku yang menarik perhatian anak adalah buku yang dengan ilutrasi dan gambar. Dengan ada nya gambar, anak akan lebih mudah untuk memahami jalan cerita dari sebuah buku, ini pun dapat melatih anak untuk berimajinasi melalui sebuah gambar yang di lihat oleh sang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *