TEMANI SI KECIL BELAJAR

TEMANI SI KECIL BELAJAR

Hallo moms! Masa pandemic ini memang menyusahkan, contohnya sekolah yang diliburkan membuat anak-anak harus belajar dirumah. Dan peran sebagai orang tua yang harus menggantikan guru disekolahnya untuk bisa mengajarinya dirumah. Tetapi sebagian orang tua ada yang belum paham tentang bagaimana cara menghadapi anak yang belajar di rumah. Apalagi anaknya yang masih TK (taman kanak-kanak) atau SD (sekolah dasar) yang butuh sekali di temani dan diberi arahan saat belajar. Meskipun orang tua sudah memberika fasilitas untuk belajar tetap saja anak butuh motivasi untuk belajar dirumah. Karena jauh dari teman-temannya.

Cara Menemani Anak Belajar

Ini beberapa cara agar lebih bisa mengerti bagaimana cara menemani da mengajari anak belajar dirumah saja, semoga bermanfaat moms!

1. Fokus Saat Menemani si Kecil Belajar

Saat akan menemani anak belajar, perlu dipastikan dulu bahwa kita sedang tidak melakukan kegiatan yang lain. Yang sekiranya akan menganggu konsetrasi dalam menemani anak belajar. Jangan sampai perhatian terbagi dengan urusa yang lain. Karena bila kita fokus dengan anak kita maka anak pun akan fokus juga untuk belajar. Menjadi contoh sebelum memberikan contoh kepada anak.

2. Bantuk Untuk Membuat Paham, Jangan Sekedar Tahu

Bila disekolah anak-anak hanya sekedar tahu dan biasanya tidak paham betul dengan apa yang disampaikan oleh gurunya. Karena konsentrasi terganggu dengan teman-teman ataupun karena bel istirahat yang ditunggu-tunggu. Disini perang orang tua untuk mengulang kembali apa yang sudah dipelajarinya disekolah. Dan karena sekarang sedang belajar dirumah saja jadi lebih banyak waktu yang bisa di gunakan untuk memahami pelajaran. Peran orangtua disini harus mengajarkan dan memberitahunya jangan dengan emosi memang harus banyak sabar. Agar si anak pun tidak menjadi takut atau kehilangan semangat belajarnya.

3. Bukan Mengerjakan Tugas Anak Tetapi Hanya Membantu

Biasanya para orang tua tidak mau ambil pusing saat kesulitan membantu sang anak belajar, sehingga orang tua lah yang mengerjakan tugasnya. Padahal seharusnya tugasnya itu dikerjakan oleh sang anak. Cara ini seharusnya dihindari atau sebaiknya jangan dilakukan, karena bisa berdampak anak akan malas untuk mengerjakan tugas selanjutnya dan anak pun tidak akan mengerti dengan tugas nya. Bila dikerjakan sendiri kan anak akan lebih paham dengan pelajarannya. Jika cara ini terus dilakukan anak akan malas dan jadi terus bergantung kepada orang lain.

4. Membuat Suasana Lebih Bersahabat

Maksud dari membuat suasana lebih bersahabat itu jangan membuat anak merasa tertekan saat belajar. Buatlah suasana lebih menyenangkan saat belajar, mungkin dengan cara di selingi dengan games. Anak akan lebih bersemangat saat belajar dan tidak akan mudah bosan. Jangan terlalu menekan anak untuk paham dan cepat mengerti dengan pelajaran, lakukan dengan step by step. Bila kelihatannya anak sudah lelah dan bosan berilah istirahat kepadanya atau hentikan saat pembelajara pada hari itu

Sekian cara menemani si kecil saat belajar yaa moms! Memang sulit sebenernya untuk menemani sekaligus mengajari anak untuk belajar dirumah, apalagi bagi para orang tua yang memang bekerja juga. Tetapi bagaimana lagi peran orang tua sangat dibutuhkan di masa pandemic ini, kita harus menjadi contoh yang baik bagi anak. Meskipun dirumah saja anak tetap mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan juga agar tidak tertinggal pelajaran di usianya yang sekarang. Tetap semangat dan jaga kesehatan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *