MEMBERIKAN EDUKASI PADA ANAK TENTANG CORONA

MEMBERIKAN EDUKASI PADA ANAK TENTANG CORONA

Kondisi sekarang ini diharus kan untuk memberikan edukasi kepada anak – anak tentang apa itu virus corona. Bukan untuk membuat si anak takut, tetapi untuk membuat anak mengerti dampak apa saja yang di berikan oleh virus corona bila tidak di hindari. Lalu, anak dapat memberi kan kontribusi untuk dirinya serta lingkungan sekitar.

Untuk anak – anak yang memiliki usia lebih muda, masih bersekolah PAUD sampai sekolah dasar memberikan edukasi yang benar dan tepat untuk anak dan lebih mudah bila orangtua meminta si anak untuk melakukan langkah pencegahan. Contoh nya seperti meminta anak untuk mencuci tangan nya dengan sabun sesudah memegang barang atau melakukan aktivitas, menggunakan masker saat keluar rumah dan saat sakit, jaga jarak dengan orang – orang, dan jangan diam di tempat yang ramai.

Anjuran – anjuran seperti itu akan lebih muda di ikuti oleh anak, berikan juga penjelasan tentang manfaat dari melakukan itu semua agar si anak tau bahwa kegiatan itu untuk diri nya. Secara tidak langsung orang tua sudah memberikan edukasi dan bekal untuk anak dalam melindungi diri nya sendiri dari virus corona.

Lalu, untuk anak – anak yang memiliki usia lebih dewasa, berikan edukasi yang tepat agar anak terhindar dari risiko tertular virus corona. Di kutip dari laman resmi National Association of School Psychologists, Bethesda, Amerika Serikat. “Sangat penting untuk diingat bahwa anak-anak mencari bimbingan dari orang dewasa tentang bagaimana bereaksi terhadap peristiwa yang membuat stres. Jika orang tua tampak terlalu khawatir, kecemasan anak-anak dapat meningkat. Orang tua harus meyakinkan anak-anak bahwa petugas kesehatan dan sekolah bekerja keras untuk memastikan bahwa orang-orang di seluruh negeri tetap sehat,” (sumber kompas.com).

Langkah-Langkah Mengedukasi Anak Mengenai Covid-19

Terkadang orangtua bingung, langkah awal apa yang harus dilakukan saat akan mengedukasi anak tentang virus corona. Karena menjadi sesuatu yang sulit bila tidak tahu langkah – langkah nya. Berikut langkah – langkah yang bisa dilakukan oleh orangtua saa mengedukasi anak tentang virus corona :

1. Apa Itu Virus Corona

Langkah awal yang dilakukan oleh para orangtua adalah memberitahu tentang pengertian dari virus corona itu sendiri. Ajaklah anak – anak untuk berbincang santai tentang virus corona. Tanya dahulu apakah dia sudah mengetahui virus corona, apa saja yang diketahui oleh anak tentang virus corona. Bila anak sudah tahu, lengkapi lagi apa yang sang anak sudah jawab. Bila anak tidak tahu sama sekali jelaskan kepada anak dengan pelan – pelan dan buat semenarik mungkin agar anak mau mendengar kan.

2. Corona Dapat Di Cegah Dan Di Sembuhkan

Virus corona membuat anak – anak tidak bisa berangkat ke sekolah seperti biasa nya. Para orangtua pun tidak dapat berangkat ke kantor seperti biasa nya. Ini membuat anak kebingungan dan cemas karena ini sudah berangsur lima bulan. Jangan memfokuskan para dampak dan akibat yang diberikan virus corona tetapi lebih memfokuskan bahwa virus corona dapat di cegah dan di sembuhkan. Memberi tahu anak pencegahan apa yang dapat di lakukan untuk menghindari virus corona. Dan berikan penegasan juga pada anak bahwa virus corona bila terkena dapat di sembuhkan, lalu berikan bukti nya agar anak semakin yakin.

3. Manfaat Berada Di Rumah

Selama pandemi ini anak pasti sangat bosan berdiam di rumah. Yang biasa nya anak aktif di luar ruangan sekarang harus berdiam diri dirumah. Berikan edukasi pada anak bahwa berdiam di rumah adalah satu untuk mencegah virus corona dan risiko tertular virus nya. Serta menaati peraturan kesehatan untuk melakukan social distancing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *