BERMAIN GAMES YANG MENGEDUKASI

BERMAIN GAMES YANG MENGEDUKASI

Games atau dalam Bahasa Indonesia itu permainan adalah kegiatan yang melibatkan pemain, pemain berinteraksi system dan konflik yang dibuat oleh permainan tersebut, yang dimana permainan tersebut adalah rekayasa atau buatan. Permainan tentunya memiliki aturan, aturan dibuat agar para pemain dapat bermain dengan adil dan mengetahui batas dalam bermain permainan tersebut. Games sangat di sukai oleh berbagai kalangan, dari anak – anak hingga orang dewasa. Games bukan hanya untuk hiburan semata, karena games penting untuk perkembangan otak , untuk meningkatkan konsentrasi seseorang, dan melatih seseorang untuk memecahkan suatu masalah denga cepat dan benar. Di dalam games kita di tuntut untuk dalam menyelesaikan nya dengan cepat. Di balik dampak positif yang diberikan, tentunya ada dampak negative nya juga. Dampak negative yang ditimbulkan adalah lupa waktu, karena terlalu keasikan bermain waktu tak terasa sudah berlalu. Dan aktivitas penting lain menjadi terbengkelai atau tidak dikerjakan.

Games adalah hiburan terbaik, apalagi untuk anak – anak. Tetapi bermain games pun harus sesuai dengan ketertarikan sang anak, karena bila anak tidak suka dengan games tersebut dia tidak akan melanjutkannya. Dengan jenis games yang tepat untuk anak, games akan membantu anak untuk melatih perkembangan otak dan keaktifan sang anak. Berikut beberapa games anak –anak yang bisa anda praktekan di rumah bersama anak anda. Games yang tidak merogoh kocek yang mahal.

Daftar Permainan Anak yang Seru, Serta Mengedukasi

1. Mengikuti Instruksi

Games atau permainan anak – anak ini dilakukan dengan memeragakan apa yang diinstruksikan ibu kepada anaknya. Contohnya seperti ibu mengatakan ‘pegang tangan’, maka si anak harus mengikuti apa yang dikatakan ibunya yaitu memegang tangannya juga. Games yang mudah ini sekaligus membantu si anak untuk menghafal nama – nama anggota tubuh.

2. Bermain Dengan Rintangan

Bila terdapat rintangan di dalam bermain games biasanya para orang tua khawatir, karena takut terjadi sesuatu kepada si anak. Anak berlarian atau melompat – lompat di tempat tidur saja sudah membuat khawatir. Bermain dengan rintangan ini memiliki manfaat yang dapat melatih motorik kasar si anak, perkembangan serta keseimbangan tubuhnya, dan kekuatan yang dimiliki si anak. Bermain games dengan rintangan pastikan aman. Sebagai contoh di pasangkan alas, dijauhkan dari benda – benda yang tajam dan terlalu berat.

3. Mencari mainan yang di sembunyikan

Permainan ini biasanya yang paling anak – anak suka. Karena permainannya yang sederhana tetapi membuat aktif mencari dan juga berfikir. Cara bermainnya, sembunyikan barang apa pun mau itu barang kesukaannya atau mainan nya. Lalu, anak mencari dimana barang itu sudah di sembunyikan. Jika barang itu tidak dapat di temukan oleh si anak, anda bisa memberikan pentunjuk dimana anda menyimpannya atau pura – pura untuk membantu mencarinya juga. Agar si anak tidak merasa kesal sendiri.

4. Puzzle

Puzzlee yang biasa dimainkan oleh orang dewasa, sekarang ada dalam versi anak – anaknya. Puzzle yang bahannya dari karton, kayu, mau pun kertas. Cara bermainnya si anak dapat menyusun pecahan puzzle yang sudah di sebelumnya berantakan. Carilah puzzle yang memiliki gambar menarik atau gambar kesukaan si anak. Agar anak dapat bersemangat saat menyusunnya. Manfaat yang diberikan games puzzle ini adalah melatih keterampilan anak, melatih kesabarannya, serta melatih otak si anak.

5. Mewarnai

Mungkin ini games ini terdengar terlalu biasa. Tetapi justru anak – anak suka dengan mewarnai, atau mencoret – coret yang tentunya ini di alami seiring tumbuh kembang si anak. Mewarnai sesuai dengan gambar yang disukai  oleh si anak, agar anak berimajinasi lebih luas lagi karena itu gambar favoritnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *